Rabu, 06 Februari 2013

Rekreasi Murah Meriah Di Kebun Binatang Ragunan

 
Berekreasi, tidak selamanya mahal dan menguras kantong anda. seperti di kebun binatang ragunan yang berlokasi di Jalan R.M. Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan adalah paduan antara kebun binatang dan taman rekreasi sehingga dinamakan juga Ragunan Zoological Park, taman margasatwa Ragunan terdapat hampir 30,000 tanaman dari 250 varietas berbeda, seperti berbagai macam rumput-rumputan dan pohon, tanaman hias Bougenvil dan Hibiscus.


Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti "Tanaman dan Kebun Binatang." Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian seorang pelukis ternama Indonesia, Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Tahun 1949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1964. Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektare yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.

Tiket masuk ragunan dewasa 4000, anak anak 3000.
harga yang sangat bersahabat.



Uniknya kebun binatang ragunan adalah perpaduan antara kebun binatang dan taman, ditengah-tengah hiruk pikuk kota jakarta yang dipenuh sesakkan dengan gedung-gedung pencakar langit yang kurang penghijauan, seakan-akan kebun binatang ragunan merupakan tempat yang sangat cocok untuk anda yang menyukai pemandangan hijau.


Selain itu, kebun binatang ragunan merupakan tempat yang bagus untuk sarana edukasi anak, guna pengenalan lebih dekat dengan hewan-hewan yang jarang mereka lihat secara langsung, namun anda tidak usah khawatir sebab kebun binatang ragunan memiliki sistem kandang yang aman, bahkan untuk hewan buas sekalipun.


Di Kebun binatang Ragunan kita dapat melihat juga bagaimana satwa makan, khususnya untuk satwa liar yang tidak pernah kita lihat sebelumnya. Namun pengunjung harus menunggu jadwal makan dari satwa-satwa tersebut, seperti jam makan Komodo adalah setiap hari Rabu sekitar jam 11.00 pagi, Buaya setiap hari Rabu dan Sabtu, Kuda Nil diberi makan setiap pagi hari.


Selain taman rekreasi dan satwa, di dalam Kebun Binatang Ragunan ada juga restoran/kantin dan wahana bermain anak-anak disetiap sudut, seperti kereta mini untuk berkeliling Ragunan, Perahu angsa, bombom car, kuda-kudaan dan lainnya dengan harga tiket sekitar Rp. 3000,- sampai Rp.6000,-, kecuali perahu angsa harga tiket sekitar Rp.15.000 untuk 2 orang.

Tersedia juga wahana Gajah tunggang, Kuda tunggang dan Unta tunggang, dimana anak-anak dapat menaikinya keliling area tunggang hewan tersebut. Harga Tiket sekali keliling Rp. 5.000,- sampai 7.500,-

Taman Margasatwa Ragunan biasa dipenuhi pengunjung pada hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur lainnya, jika untuk kegiatan edukasi dan riset sebaiknya dilakukan selain hari-hari tersebut agar lebih tenang. Namun aksi Gajah tunggang, Onta tunggang dan delman biasanya hanya ada pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur saja.

Ragunan bisa dicapai oleh kendaraan pribadi, taxi, bis atau Trans Jakarta Busway. Anda dapat menaiki Trans Jakarta Busway dari koridor 6, Ragunan ke rute Halimun. Rute bis lainnya adalah Kopaja no.19 dan no.985 dari Tanah Abang, Metromini no.77 dari Blok M, Kopaja no.68 dan no. 602 dari Kampung Melayu melewati Pasar Minggu, Mikrolet no.17 dari Depok dan Mikrolet merak no. 15A dari TMII (Taman Mini Indonesia Indah).
Jika anda datang dari luar kota, anda bisa menginap di hotel-hotel sekitar Ragunan, seperti :
  • R Residence – Lebak Bulus III/15, Cilandak Barat, 12430, Tlp. +62 21 7510715
  • Paradona Hotel – Jalan Warung Jati Barat, 12560
  • Pradana Hotel – Jl. Taman Margasatwa No. 38 B Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan
  • Hill Side Grand Puri Hotel – Jl. Jagorawi Raya No. 9 RT 010/RW 04 Lebak Bulus Cilandak Jakarta Selatan
  • Sahati Boutique Hotel? – Jl. Taman Margasatwa No. 45, Ragunan Jakarta Selatan

sesampainya disana, saya dan pasangan saya pun tidak sabar untuk memotret hewan-hewan yang ada disana. dan inilah hasil jepretannya.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca yang baik meninggalkan jejak yang baik pula